RANGKUMAN MULTIMEDIA
Nama :
Eriyanto
Nim :
12200119
Tugas Pertemuan 5
Pertemuan 1
PENGENALAN MULTIMEDIA
Pengertian Multimedia
Multimedia
dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk
menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik,
animasi, dan video.
Beberapa
definisi menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi
dari komputer dan video (Rosch, 1996).
2. Kombinasi
dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,1996).
3. Kombinasi
dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio
(suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan
kawan-kawan, 2002).
4. Alat
yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda,
2001).
5. Pemanfaatan
komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan
menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan
berkomunikasi. (Hofstetter,2001).
Elemen Multimedia
Menurut
James A,Senn. Multimedia terbagi dalam beberapa media, yaitu:
1. Text
2. Image
3. Audio
4. Animasi
5. Video
6. Grafis
Sesuai
defines “Multimedia” = “Banyak Media”
Media
yang dimaksud dapat diklasifikasikan berdasarkan : perception, representation,
presentation, storage, transmission, information exchange.
Sejarah Multimedia
·
Istilah multimedia
berawal dari teater, bukan computer
·
Pertunjukan yang
memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
Kelebihan Multimedia
Menarik
indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan
gerakan.
Lembaga
Riset dan Penerbitan Computer, Computer
Technology Research (CTR) menyatakan bahwa:
·
Orang hanya mampu mengingat
20% dari yang dilihat, 30% dari yang didengar.
·
Tetapi orang mengingat
50% dari yang dilihat dan didengar dan 80% dari yang dilihat, didengar dan
dilakukan sekaligus.
Manfaat Multimedia
1. Bidang
periklanan yang efektif dan interaktif.
2. Bidang
pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat
mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video,
animasi, teks, dan grafik.
3. Bidang
jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik,
informatif, dan interaktif.
Pengaruh Multimedia
Multimedia
merupakan media interaktif yang sangat ampuh mempengaruhi manusia. Dalam hal
ini multimedia mampu:
1. Mengubah
tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan
pekerjaanya tidak harus dari kantor.
2. Mengubah
cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan
internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
3. Mengubah
cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan
menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah
cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai
software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com,
menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak
lagi.
5. Mengubah
cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online
(e-learning), menggunakan e-book.
6. Internet
Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Team Multimedia
·
Manager Proyek
·
Desainer Multimedia
·
Desainer Interface
·
Penulis
·
Spesialis Video
·
Programmer
·
Produser
Pertemuan 2
REPRESENTASI MULTIMEDIA
Pengertian
Perception
(Sudut pandang) yaitu mengenali dan mengartikan (interpretation) informasi yang
diterima sistem sensor manusia (panca indra : mata, telinga, hidung, kulit,
lidah), perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya.
Aspek
pada perception media
Representative
Space : sesuatu yang
terkandung dalam presentasi secara nyata: Kertas, layar, Slide show, Power
point.
Representative
Values : nilai-nilai
yang terkandung dalam presentasi Self contained (interpretasi tiap orang
berbeda), misal: sound ilustrasi, gambar ilustrasi.
Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya),
misal: teks (karakter), ucapan, simbol-simbol.
Representation
Dimension : Ruang
(space)
Waktu (time) :
1.
time independent, discreet (text, grafis)
2.
time dependent, continuous media (video, audio, sinyal dari sensor
yang berbeda).
Representation media ditentukan oleh representasi
informasi oleh computer.
Media
Format :
-
Text
: ASCII dan EBCDIC .
-
Grafis
: CEPT atau CAPTAIN video text .
-
Audio
stream : PCM (Pulse Coding Method) .
-
Image
: Facsimile (standard ISO) atau JPEG .
- Audio atau video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC),
computer standard (MPEG) .
Media
Representation
Teks adalah data dalam bentuk karakter. Teks dalam
hal ini adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
dan ASCII extension seperti UNICODE murni.
-
Tiap-tiap
karakter direpresentasikan oleh 7 bit (0-127)
-
Ada
beberapa jenis teks yaitu:Plain Text,Formatted Text,Hypertext.
Presentation
Medium
Tool dan device yang digunakan untuk proses input
dan output informasi “Melalui media apa informasi disajikan oleh komputer, atau
dimasukkan ke komputer?”
·
Output
: kertas, layar, speaker
·
Input
: keyboard, mouse, kamera, microphone, scanner
Storage
Medium
Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk
menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen computer). “Dimanakah
informasi akan disimpan?”
microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC,
SDCard.
Storage systems for multimedia
·
Optical
media
·
CD-ROM compact
disc – read only memory
·
CD-ROM
XA compact disc – read only memory extended architecture
·
DVI digital
video interactive
·
CD-I compact
disc - interactive
·
Videodisc interactive
video / laser disc
Information
Exchange Medium
Pembawa informasi untuk transmisi, contoh: media
penyimpanan dan media transmisi. “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda
saling dipertukarkan?” Direct transmission dengan jaringan komputer, combined
(storagedan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum
Text
Representation
Teks adalah data dalam bentuk karakter. Teks dalam
hal ini adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
dan ASCII extension seperti UNICODE murni. Tiap-tiap karakter direpresentasikan
oleh 7 bit (0-127)
Ada beberapa jenis teks yaitu:
1.
Plain
2.
Text
Formatted
3.
Text
Hypertext
Media
Representation
Text
Image
Audio
Video
Animation
Pertemuan 3
PENGENALAN
ANIMASI
Pengertian
Animasi adalah gambar bergerak yang berasal dari
kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus sehingga bergerak sesuai
alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Objek yang dimaksud
adalah gambar manusia, tulisan teks, gambar hewan, gambar tumbuhan, gedung, dan
lain sebagainya.
Animasi dibagi menjadi 2 kategori diantaranya :
·
Computer Assisted
Animation, yaitu
mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan.
Contohnya : pencil animation.
·
Animasi Frame Adalah bentuk animasi paling sederhana.
Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbedabeda gerakannya pada
sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol
secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak
Jenis-jenis Animasi :
-
Animasi
Sel (Cell Animation)
-
Animasi
Frame
-
Animasi
Sprite
-
Animasi
Path
-
Animasi
Spline
-
Animasi
Vektor
-
Animasi
Karakter
Proses
Animasi Sel
1.
Storyboard
2.
Voice
Recordings
3.
Animatics
4.
Design
& Timing
5.
Layout
6.
Animation
7.
Background
8.
Traditional
ink-&-paint and camera
9.
Digital
ink & paint
Visual
Effect
Visual effect atau efek visual adalah serangkaian
proses pembuatan gambar yang menyertakan proses manipulasi tertentu di luar
adegan pengambilan gambar syuting asli.
Visual efek dapat dibuat dengan cara:
a.
Motion
dynamics, efek yang disebabkan perubahan posisi terhadap waktu.
b.
Update
dynamics, efek yang disebabkan perubahan pada suatu obyek (bentuk, warna,
struktur, dan tekstur)
c.
Perubahan
cahaya, posisi, orientasi dan fokus kamera.
Metode
Mengontrol Animasi
·
Full
Explicit Control Animation mengatur seluruh kontrol animasi dengan segala
perintahperintah yang akan dilakukan dalam animasi.
·
Procedural
Control Berdasarkan komunikasi antar obyek untuk mendapatkan property nya.
·
Constraint-based
System Pengontrolan terjadi karena pengaruh obyek lain, dimana obyek tersebut
berinterakasi
Pertemuan
4
PENGENALAN
VIDEO
PENGERTIAN
Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam,
memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya
menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Berkaitan
dengan "penglihatan dan pendengaran".
Aplikasi
video pada multimedia mencakup banyak aplikasi :
·
Entertainment:
broadcast TV, VCR/DVD recording
·
Interpersonal:
video telephony, video conferencing
·
Interactive:
windows
·
Digital
video
·
Camrecorder
: MiniDV, DVD camrecorder, digital8
Keuntungan
video digital :
·
Memberikan
respon yang cepat dalam mengakses bagian manapun dari video
·
Mudah
dalam prosses edit
·
Kualitas
: sinyal analog dari video analog akan mengalami penurunan kualitas secara
perlahan karena adanya pengaruh kondisi atmosfer. Sedangkan video digital
kualitasnya dapat diturunkan menggunakan teknik kompresi.
·
Transmisi
dan distribusi mudah karena dengan proses kompresi, maka video digital dapat
disimpan dalam CD, ditampilkan pada web, dan ditransmisikan melalui jaringan.
Hal-hal
yang dapat di perhatikan setelah mempelajari prinsip-prinsip di atas :
·
Rule
of thirds
·
Formst
: horizon atau vertical
·
Keep
it simple
·
Picture
scal
·
Horizons
·
Leading
lines
·
Be
different
·
Colour
·
Framing
·
Shooting
position
·
Number
of subject
Pertemuan
5
PENGENALAN
AUDIO
Pengertian
Audio
Audio adalah suara atau bunyi yang dihasilkan oleh
getaran suatu benda, agar dapat tertangkap oleh telinga manusia getaran
tersebut harus kuat minimal 20 kali/detik. Sedangkan gelombang yaitu suatu
getaran yang terdiri dari Amplitudo dan juga waktu. Definisi audio yang
lainnya adalah merupakan salah satu elemen yang penting, karena ikut
berperan dalam membangun sebuah sistem Komunikasi dalam bentuk
suara, ialah suatu sinyal elektrik yang akan membawa unsur-unsur bunyi
didalamnya.
Jenis-Jenis
Audio:
·
Audio
Streaming adalah suatu istilah yang dipakai untuk mendengarkan siaran langsung
atau live melalui jaringan internet. Seperti contohnya: Winamp (MP3), RealAudio
(RAM) dan juga Liquid Radio.
·
Pengertian
audio visual adalah suatu istilah yang digunakan untuk seperangkat soundsystem
yang dilengkapi dengan tampilan gambar, biasanya dipakai untuk presentasi.
·
Audio
Modem Riser (AMR) adalah suatu istilah yang dipakai untuk sebuah kartu plug-in
untuk motherboard intel yang memuat sirkuit audio ataupun Modem.
Peralatan
Audio
Peralatan Audio terbagi menjadi beberapa macam
yaitu:
·
Mikrofon
·
Mixer
Console
·
Speaker
·
Open
Reel
·
Digital
Audio Workstation
·
Tape
Recorder
·
Digital
protable Recorder
Perangkat
Tambahan
1. Multitrack
Audio
Software Perangkat lunak yang digunakan untuk aplikasi
perekaman (recording). Selain itu, perangkat lunak ini juga mempunyai fasiltas
untuk editing dan mixing suara. Ada beberapa perangkat lunak ini, misalnya:
Ø
Digidesign
Pro Tools
Ø
Cool
Edit, sekarang menjadi Adobe Audition.
Ø
Cakewalk
Sonar
Ø
Steinberg
Nuendo dan Cubase
Selain peralatan produksi dalam sebuah studio
rekaman, ada juga beberapa alat elektronik portable yang digunakan sebagai alat
perekam, diantaranya:
2. Tape
Recorder
Alat rekam ini menggunakan bahan baku kaset. Hasil
rekaman yang diperoleh berupa data analog. Selain dapat merekam tape recorder
juga dapat memutar kaset audio. Digital Portable Recorder Perangkat ini dapat
merekam suara dan menyimpannya dalam bentuk data digital.
Elemen
Media Audio
Salah satu kelemahan Media audio adalah hanya
mengandalkan suara, dalam penyampaian pesan atau informasi. Dengan kelemahan
tersebut, maka dalam membuat sebuah media audio haruslah semenarik
mungkin.Media audio memiliki 3 elemen yaitu:
·
Unsur
kata
Merupakan kata-kata yang diucapkan oleh pemain
(artis) secara teratur dan bermakna. Beberapa hal yang dapat
dieksplorasi untuk memperindah sebuah media audio,
penghayatan dalam pengucapan, intonasi, artikulasi, pilihan
kata (diksi), dll. Meskipun demikian tidak semua
kata atau suara pemain termasuk dalam unsur kata, misalnya
suara keramaian orang di pasar, sorak sorai penonton
suatu perlombaan. Kedua contoh tersebut masuk ke dalam
unsur efek suara.
·
Unsur
music
Merupakan perpaduan bunyi yang mempunyai arti dan
nilai artistic yang tinggi. Pemanfaatan Musik:
·
Menciptakan
suasana, sedih, gembira, lucu, tegang, dll.
·
Identitas
sebuah program audio
·
Jembatan
dua buah adegan yang berbeda
·
Melatarbelakangi
sebuah adegan
·
Memberi
tekanan dalam sebuah adegan, mis: terkejut, marah, dll.
·
Menguatkan
latar (setting), misalnya adegan dalam istana kerajaan
·
Unsur
efek suara
Merupakan suara-suara yang dapat memberikan gambaran
suasana atau latar, baik waktu, tempat, maupun suatu kegiatan atau peristiwa.
File
Audio Digital
Format file audio bermacam-macam, diantaranya :
§
WAV, format file ini merupakan dasar dari format audio
file yang memiliki kualitas suara terbaik, hanya saja file ini membutuhkan
tempat penyimpanan yang besar. Format file ini mendukung untuk mono atau
stereo.
§
Amiga IFF-8SVX (.IFF,
.SVX), format Amiga
8SVX adalah 8-bit mono, format inidihasilkan oleh the Commodore Amiga computer,
format ini juga dapat dikompres menjadi 4-bit Fibonacci delta encoded format.
§
Apple AIFF (.AIF, .SND), format ini adalah format audio standar milik Apple
Computer. AIFF mendukung untuk fasilitas mono atau stereo, 16-bit atau 8-bit.
§
Dialogic ADPCM (.VOX), formatDialogic ADPCM ini biasanya ditemui pada
aplikasi telepon. Format ini hanya dapat menyimpan audio mono 16-bit, file ini
dapat dikompres hingga 4-bit.
§
DiamondWare Digitized
(.DWD), format audio
yang digunakan oleh perangkat DiamondWare's Sound, digunakan juga oleh para
programer untuk menghasilkan audio interaktif pada game dan multimedia. Format
ini juga medukung baik mono maupun stereo.
§
MPEG Layer 3 (.MP3), format audio paling diminati pengguna komputer,
kualitas suara yang dihasilkan dan juga tidak memerlukan tempat penimpanan yang
besar.
§
Next/Sun (.AU, .SND), adalah format standar yang dapat ditemukan padaNeXT
dan Sun computer.
§
Real Media (.RM), formataudio ini biasanya dapat ditemukan pada
jaringan internet. q Sound Blaster (.VOC), ini adalah format audio file
dari Sound Blaster dan format file suara dari Sound Blaster Pro. Pendukung
8-bit audio, mono hingga 44.1 KHz, danstereo hingga 22 KHz.
§
PCM Raw Data (.PCM), format audio yang sangat sederhana. Format ini
adalah format file standar yang belum dikompres seperti halnya file . WAV pada
Windows atau AIFF pada Apple
Komentar
Posting Komentar