RANGKUMAN MULTIMEDIA

Nama       : Eriyanto

Nim          : 12200119

Tugas Pertemuan 5

 

Pertemuan 1

PENGENALAN MULTIMEDIA

Pengertian Multimedia

Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Beberapa definisi menurut beberapa ahli:

1.    Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996).

2.    Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,1996).

3.    Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002).

4.    Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001).

5.    Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi. (Hofstetter,2001).

 

Elemen Multimedia

Menurut James A,Senn. Multimedia terbagi dalam beberapa media, yaitu:

1.    Text

2.    Image

3.    Audio

4.    Animasi

5.    Video

6.    Grafis

Sesuai defines “Multimedia” = “Banyak Media”

Media yang dimaksud dapat diklasifikasikan berdasarkan : perception, representation, presentation, storage, transmission, information exchange.

 

Sejarah Multimedia

·         Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer

·         Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.

 

Kelebihan Multimedia

Menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan.

Lembaga Riset dan Penerbitan Computer, Computer Technology Research (CTR) menyatakan bahwa:

·         Orang hanya mampu mengingat 20% dari yang dilihat, 30% dari yang didengar.

·         Tetapi orang mengingat 50% dari yang dilihat dan didengar dan 80% dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus.

 

Manfaat Multimedia

1.      Bidang periklanan yang efektif dan interaktif.

2.      Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik.

3.      Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif.

 

Pengaruh Multimedia

Multimedia merupakan media interaktif yang sangat ampuh mempengaruhi manusia. Dalam hal ini multimedia mampu:

1.      Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.

2.      Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.

3.      Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.

4.      Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.

5.      Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online (e-learning), menggunakan e-book.

6.      Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

 

Team Multimedia

·         Manager Proyek

·         Desainer Multimedia

·         Desainer Interface

·         Penulis

·         Spesialis Video

·         Programmer

·         Produser

 

Pertemuan 2

REPRESENTASI MULTIMEDIA

Pengertian

Perception (Sudut pandang) yaitu mengenali dan mengartikan (interpretation) informasi yang diterima sistem sensor manusia (panca indra : mata, telinga, hidung, kulit, lidah), perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya.

 

Aspek pada perception media

Representative Space : sesuatu yang terkandung dalam presentasi secara nyata: Kertas, layar, Slide show, Power point.

Representative Values : nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal: sound ilustrasi, gambar ilustrasi.

 

Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks (karakter), ucapan, simbol-simbol.

Representation Dimension : Ruang (space)

Waktu (time) :

1.      time independent, discreet (text, grafis)

2.      time dependent, continuous media (video, audio, sinyal dari sensor yang berbeda).

Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh computer.

 

Media Format :

-          Text : ASCII dan EBCDIC .

-          Grafis : CEPT atau CAPTAIN video text .

-          Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) .

-          Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG .

- Audio atau video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC), computer standard (MPEG) .

 

Media Representation

Teks adalah data dalam bentuk karakter. Teks dalam hal ini adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dan ASCII extension seperti UNICODE murni.

-          Tiap-tiap karakter direpresentasikan oleh 7 bit (0-127)

-          Ada beberapa jenis teks yaitu:Plain Text,Formatted Text,Hypertext.

 

Presentation Medium

Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi “Melalui media apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke komputer?”

·         Output : kertas, layar, speaker

·         Input : keyboard, mouse, kamera, microphone, scanner

 

Storage Medium

Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen computer). “Dimanakah informasi akan disimpan?”

microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard.

Storage systems for multimedia

·         Optical media

·         CD-ROM compact disc – read only memory

·         CD-ROM XA      compact disc – read only memory extended architecture

·         DVI          digital video interactive

·         CD-I         compact disc - interactive

·         Videodisc interactive video / laser disc

 

Information Exchange Medium

Pembawa informasi untuk transmisi, contoh: media penyimpanan dan media transmisi. “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling dipertukarkan?” Direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storagedan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum

 

Text Representation

Teks adalah data dalam bentuk karakter. Teks dalam hal ini adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dan ASCII extension seperti UNICODE murni. Tiap-tiap karakter direpresentasikan oleh 7 bit (0-127)

Ada beberapa jenis teks yaitu:

1.      Plain

2.      Text Formatted

3.      Text Hypertext

 

Media Representation

*      Text

*      Image

*      Audio

*      Video

*      Animation

 

Pertemuan 3

PENGENALAN ANIMASI

Pengertian

Animasi adalah gambar bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus sehingga bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Objek yang dimaksud adalah gambar manusia, tulisan teks, gambar hewan, gambar tumbuhan, gedung, dan lain sebagainya.

Animasi dibagi menjadi 2 kategori diantaranya :

·         Computer Assisted Animation, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Contohnya : pencil animation.

·         Animasi Frame Adalah bentuk animasi paling sederhana.  Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbedabeda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak

Jenis-jenis Animasi :

-          Animasi Sel (Cell Animation)

-          Animasi Frame

-          Animasi Sprite

-          Animasi Path

-          Animasi Spline

-          Animasi Vektor

-          Animasi Karakter

 

Proses Animasi Sel

1.      Storyboard

2.      Voice Recordings

3.      Animatics

4.      Design & Timing

5.      Layout

6.      Animation

7.      Background

8.      Traditional ink-&-paint and camera

9.      Digital ink & paint

Visual Effect

Visual effect atau efek visual adalah serangkaian proses pembuatan gambar yang menyertakan proses manipulasi tertentu di luar adegan pengambilan gambar syuting asli.

Visual efek dapat dibuat dengan cara:

a.       Motion dynamics, efek yang disebabkan perubahan posisi terhadap waktu.

b.      Update dynamics, efek yang disebabkan perubahan pada suatu obyek (bentuk, warna, struktur, dan tekstur)

c.       Perubahan cahaya, posisi, orientasi dan fokus kamera.

 

Metode Mengontrol Animasi

·         Full Explicit Control Animation mengatur seluruh kontrol animasi dengan segala perintahperintah yang akan dilakukan dalam animasi.

·         Procedural Control Berdasarkan komunikasi antar obyek untuk mendapatkan property nya.

·         Constraint-based System Pengontrolan terjadi karena pengaruh obyek lain, dimana obyek tersebut berinterakasi

 

Pertemuan 4

PENGENALAN VIDEO

PENGERTIAN

Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Berkaitan dengan "penglihatan dan pendengaran".

 

Aplikasi video pada multimedia mencakup banyak aplikasi :

·         Entertainment: broadcast TV, VCR/DVD recording

·         Interpersonal: video telephony, video conferencing

·         Interactive: windows

·         Digital video

·         Camrecorder : MiniDV, DVD camrecorder, digital8 

 

Keuntungan video digital :

·         Memberikan respon yang cepat dalam mengakses bagian manapun dari video

·         Mudah dalam prosses edit

·         Kualitas : sinyal analog dari video analog akan mengalami penurunan kualitas secara perlahan karena adanya pengaruh kondisi atmosfer. Sedangkan video digital kualitasnya dapat diturunkan menggunakan teknik kompresi.

·         Transmisi dan distribusi mudah karena dengan proses kompresi, maka video digital dapat disimpan dalam CD, ditampilkan pada web, dan ditransmisikan melalui jaringan.

 

Hal-hal yang dapat di perhatikan setelah mempelajari prinsip-prinsip di atas :

·         Rule of thirds

·         Formst : horizon atau vertical

·         Keep it simple

·         Picture scal

·         Horizons

·         Leading lines

·         Be different

·         Colour

·         Framing

·         Shooting position

·         Number of subject

 

Pertemuan 5

PENGENALAN AUDIO

Pengertian Audio

Audio adalah suara atau bunyi yang dihasilkan oleh getaran suatu benda, agar dapat tertangkap oleh telinga manusia getaran tersebut harus kuat minimal 20 kali/detik. Sedangkan gelombang yaitu suatu getaran yang terdiri dari Amplitudo dan juga waktu. Definisi audio yang lainnya adalah merupakan salah satu elemen yang penting, karena ikut berperan dalam membangun sebuah sistem Komunikasi dalam bentuk suara, ialah suatu sinyal elektrik yang akan membawa unsur-unsur bunyi didalamnya.

 

Jenis-Jenis Audio:

·         Audio Streaming adalah suatu istilah yang dipakai untuk mendengarkan siaran langsung atau live melalui jaringan internet. Seperti contohnya: Winamp (MP3), RealAudio (RAM) dan juga Liquid Radio.

·         Pengertian audio visual adalah suatu istilah yang digunakan untuk seperangkat soundsystem yang dilengkapi dengan tampilan gambar, biasanya dipakai untuk presentasi.

·         Audio Modem Riser (AMR) adalah suatu istilah yang dipakai untuk sebuah kartu plug-in untuk motherboard intel yang memuat sirkuit audio ataupun Modem.

 

Peralatan Audio

Peralatan Audio terbagi menjadi beberapa macam yaitu:

·         Mikrofon

·         Mixer Console

·         Speaker

·         Open Reel

·         Digital Audio Workstation

·         Tape Recorder

·         Digital protable Recorder

 

Perangkat Tambahan

1.      Multitrack Audio

Software Perangkat lunak yang digunakan untuk aplikasi perekaman (recording). Selain itu, perangkat lunak ini juga mempunyai fasiltas untuk editing dan mixing suara. Ada beberapa perangkat lunak ini, misalnya:

Ø  Digidesign Pro Tools

Ø  Cool Edit, sekarang menjadi Adobe Audition.

Ø  Cakewalk Sonar

Ø  Steinberg Nuendo dan Cubase

Selain peralatan produksi dalam sebuah studio rekaman, ada juga beberapa alat elektronik portable yang digunakan sebagai alat perekam, diantaranya:

2.      Tape Recorder

Alat rekam ini menggunakan bahan baku kaset. Hasil rekaman yang diperoleh berupa data analog. Selain dapat merekam tape recorder juga dapat memutar kaset audio. Digital Portable Recorder Perangkat ini dapat merekam suara dan menyimpannya dalam bentuk data digital.

 

Elemen Media Audio

Salah satu kelemahan Media audio adalah hanya mengandalkan suara, dalam penyampaian pesan atau informasi. Dengan kelemahan tersebut, maka dalam membuat sebuah media audio haruslah semenarik mungkin.Media audio memiliki 3 elemen yaitu:

·         Unsur kata

Merupakan kata-kata yang diucapkan oleh pemain (artis) secara teratur dan bermakna. Beberapa hal yang dapat 

dieksplorasi untuk memperindah sebuah media audio, penghayatan dalam pengucapan, intonasi, artikulasi, pilihan 

kata (diksi), dll. Meskipun demikian tidak semua kata atau suara pemain termasuk dalam unsur kata, misalnya 

suara keramaian orang di pasar, sorak sorai penonton suatu perlombaan. Kedua contoh tersebut masuk ke dalam 

unsur efek suara.

·         Unsur music

Merupakan perpaduan bunyi yang mempunyai arti dan nilai artistic yang tinggi. Pemanfaatan Musik:

·         Menciptakan suasana, sedih, gembira, lucu, tegang, dll.

·         Identitas sebuah program audio

·         Jembatan dua buah adegan yang berbeda

·         Melatarbelakangi sebuah adegan

·         Memberi tekanan dalam sebuah adegan, mis: terkejut, marah, dll.

·         Menguatkan latar (setting), misalnya adegan dalam istana kerajaan

·         Unsur efek suara

Merupakan suara-suara yang dapat memberikan gambaran suasana atau latar, baik waktu, tempat, maupun suatu kegiatan atau peristiwa.

File Audio Digital

Format file audio bermacam-macam, diantaranya :

§      WAV, format file ini merupakan dasar dari format audio file yang memiliki kualitas suara terbaik, hanya saja file ini membutuhkan tempat penyimpanan yang besar. Format file ini mendukung untuk mono atau stereo.

§      Amiga IFF-8SVX (.IFF, .SVX), format Amiga 8SVX adalah 8-bit mono, format inidihasilkan oleh the Commodore Amiga computer, format ini juga dapat dikompres menjadi 4-bit Fibonacci delta encoded format.

§      Apple AIFF (.AIF, .SND), format ini adalah format audio standar milik Apple Computer. AIFF mendukung untuk fasilitas mono atau stereo, 16-bit atau 8-bit.

§      Dialogic ADPCM (.VOX), formatDialogic ADPCM ini biasanya ditemui pada aplikasi telepon. Format ini hanya dapat menyimpan audio mono 16-bit, file ini dapat dikompres hingga 4-bit.

§      DiamondWare Digitized (.DWD), format audio yang digunakan oleh perangkat DiamondWare's Sound, digunakan juga oleh para programer untuk menghasilkan audio interaktif pada game dan multimedia. Format ini juga medukung baik mono maupun stereo.

§      MPEG Layer 3 (.MP3), format audio paling diminati pengguna komputer, kualitas suara yang dihasilkan dan juga tidak memerlukan tempat penimpanan yang besar.

§      Next/Sun (.AU, .SND), adalah format standar yang dapat ditemukan padaNeXT dan Sun computer.

§      Real Media (.RM), formataudio ini biasanya dapat ditemukan pada jaringan internet. q Sound Blaster (.VOC), ini adalah format audio file dari Sound Blaster dan format file suara dari Sound Blaster Pro. Pendukung 8-bit audio, mono hingga 44.1 KHz, danstereo hingga 22 KHz.

§      PCM Raw Data (.PCM), format audio yang sangat sederhana. Format ini adalah format file standar yang belum dikompres seperti halnya file . WAV pada Windows atau AIFF pada Apple

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peranan TIK dalam bidang Industri

Point To Point (PTP)

Menghubungkan Router dengan Cloud di GNS3